Aplikasi Catatan Keuangan

6 Aplikasi Catatan Keuangan yang Bisa Diunduh Secara Gratis

Mengatur dan mencatat keuangan terkadang bukan hal yang mudah. Kalau dilakukan secara manual dengan tulis tangan mungkin bakalan ribet, tapi bila menggunakan aplikasi catatan keuangan mungkin kamu jadi lebih semangat. 

Sekarang banyak aplikasi-aplikasi di ponsel pintar yang memberikan layanan pencatatan keuangan sehari-hari secara praktis. Caranya pun mudah, kamu tinggal menginput nominal uang yang kamu keluarkan sesuai tanggalnya. 

Nantinya, aplikasi tersebut bisa membuat rangkuman pengeluaran dan pemasukan kamu selama sebulan. Jadi berguna juga dong untuk mengevaluasi keuangan? 

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi catatan keuangan terbaik yang bisa diunduh di ponsel pintar kamu! 

1. Aplikasi catatan keuangan harian, Wallet 

Wallet merupakan aplikasi catatan keuangan yang bisa diunduh di perangkat Android atau iOS. Kamu bisa menggunakannya secara gratis tentunya dengan fitur yang terbatas. Jika ingin mendapatkan fitur yang lengkap harus membayar terlebih dahulu. Tetapi untuk versi gratisannya juga sudah memadai untuk pencatatan keuangan. 

Kamu bisa memasukkan setiap pengeluaran harian sesuai kategorinya, misal untuk makan, untuk bayar tagihan, sampai hal-hal kecil seperti bayar parkir. Nantinya setiap akhir bulan, Wallet memberikan grafik mendetail tentang keuangan kamu agar bisa dievaluasi. 

Demi memudahkan pencatatan, Wallet juga bisa disambungkan dengan rekening bank dan dompet digital. 

2. Finansialku 

Jika kamu memiliki tujuan finansial seperti membeli mobil, membeli rumah, berangkat haji, dan lain-lain, cocok sekali menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini bisa memberikan catatan proses tabungan kamu untuk mencapai tujuan finansial. 

Caranya cukup masukkan nominal tabungan yang ingin dicapai sesuai dengan tujuan finansial, lalu masukkan setiap jumlah tabungan yang disimpan ke rekening. Selain tabungan, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mencatat seluruh pengeluaran. 

3. Money Lover 

Sama seperti Wallet, Money Lover bisa mengklasifikasikan pengeluaran berdasarkan kategorinya, misal untuk belanja di supermarket, untuk makan, untuk nongkrong, bayar tagihan dan lain-lain. 

Dengan cara ini Money Lover kemudian bisa menganalisa di mana pengeluaran kamu terbanyak. Lalu kamu bisa mengevaluasinya demi kesehatan keuangan kamu ke depannya. 

Money Lover ini bisa diunduh secara gratis untuk perangkat Android dan iOS. 

4. Monefy 

Buat kamu yang sudah berkeluarga atau memiliki pasangan, bisa mengunduh aplikasi Monefy. Aplikasi ini memiliki fitur sinkronisasi akun, yang memungkinkan kamu secara bersama memantau pengeluaran anggota keluarga lainnya secara real time. 

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk perangkat ponsel pintar Android maupun iOS. Namun versi gratis memiliki fitur yang terbatas. Bila ingin mendapatkan fitur yang lengkap kamu harus membayar Rp 39 ribu untuk berlangganan. 

5. Teman Bisnis

Aplikasi catatan keuangan bisnis yang cocok salah satunya Teman Bisnis. Dengan Teman Bisnis, para pengusaha termasuk pengusaha kecil bisa mencatat seluruh transaksi pemasukan dan pengeluaran dari berbagai macam sumber yang telah dikategorikan. 

Di akhir bulan aplikasi ini juga memberikan laporan secara otomatis terhadap keuangan bisnis kamu, mulai dari laba, rugi, utang, piutang, dan arus kas.

6. Sribuu

Sribuu adalah aplikasi catatan keuangan yang bisa kamu unduh di perangkat ponsel Android maupun iOS. Aplikasi ini merupakan karya anak bangsa dengan fitur pencatatan keuangan yang super lengkap dan tampilan yang simpel untuk dioperasikan. 

Dengan Sribuu, kamu bisa mengatur budget bulanan hingga menyambungkan ke rekening bank untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan secara otomatis. 

Setelah catatan keuangan kamu tercatat dengan rapi, Sribuu akan memberikan analisis terkait kondisi keuangan kamu yang kemudian bisa kamu konsultasikan secara langsung ke financial planner melalui fitur chat

7. Mencatat keuangan menggunakan Google Sheet

Kalau kamu sudah sering menggunakan Google untuk pencatatan atau kerja sehari-hari, cobalah menggunakan Google Sheet untuk pencatatan keuangan. Kamu bisa menggunakan template atau membuat template catatan keuangan sendiri. 

Kemudian ada berbagai rumus yang bisa dimanfaatkan untuk menghitung berapa pengeluaran kamu dan berapa pemasukan kamu selama sebulan. 

Agar lebih menarik, Google juga menyediakan beragam grafik yang bisa dipilih untuk menggambarkan kondisi laporan keuangan kamu. Itulah enam aplikasi catatan keuangan gratis yang bisa kamu manfaatkan. Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan bisa membantu kamu dalam mengelola keuangan lho!

Share this awesome post

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel Terkait Khusus Buat Kamu!

Simak artikel terkait dan dapatkan tips Gaya hidup #AntiBoncos