Aplikasi Pengatur Keuangan

6 Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Android dan iOS

Kini mengelola keuangan sudah tidak perlu lagi pusing-pusing, pasalnya ada aplikasi pengatur keuangan yang praktis dan mudah dioperasikan oleh semua kalangan. 

Pengaturan keuangan yang baik bisa berdampak baik pula pada taraf kesejahteraan hidup. Kunci suksesnya mengatur keuangan adalah bisa hidup berkecukupan, terbebas dari hutang, dan merasa aman untuk hidup di masa yang akan datang. 

Jika dulu mencatat dan mengatur keuangan semua dilakukan secara manual, di buku tulis sekarang berkat kemajuan teknologi kamu bisa melakukan semua itu di perangkat ponsel pintar saja. 

Berikut ini rekomendasi aplikasi pengatur keuangan yang praktis digunakan dan bisa diunduh di smartphone kamu. 

1. Aplikasi Pengatur Keuangan Gratis, Money Lover 

Money Lover merupakan salah satu aplikasi pengatur dan pengelola keuangan yang paling laris saat ini, dengan total unduh telah mencapai lebih dari 5 juta pengguna. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap seperti pencatatan uang masuk dan keluar, analisa pengeluaran menggunakan grafik, hingga menyambungkan dengan rekening bank.

Namun untuk menghubungkan dengan rekening bank kamu harus menggunakan akun Money Lover premium yang berbayar. Perbedaan yang berbayar dan gratisan tentu fitur berbayar jauh lebih lengkap.

2. Finansialku

Selanjutnya ada aplikasi Finansialku, yang telah diluncurkan pada tahun 2017 silam. Selain memiliki fitur layanan pencatatan keuangan, Finansialku juga memiliki fitur simulasi investasi dan konsultasi keuangan dengan financial planner

Namun sayangnya fitur itu bisa didapatkan kalau kamu telah membayar biaya berlangganan Rp 350 ribu per tahun. 

Tapi tenang saja, layanan konsultasi itu bisa kamu lakukan selama 24 jam nonstop. Financial planner yang telah tersertifikasi itu akan siap membantu kamu mengelola dan merencanakan keuangan. 

3. Wallet, Aplikasi Pengatur Keuangan Harian 

Aplikasi yang praktis digunakan untuk mengatur keuangan selanjutnya ada Wallet. Wallet memiliki fitur yang sederhana dan mudah digunakan. Banyak keunggulan yang didapat pengguna Wallet, di antaranya pencatatan uang masuk dan keluar, penyesuaian kategori uang keluar, menghubungkan pencatatan dengan saldo rekening bank. 

Bagi pengguna mata uang lain selain Rupiah kamu jangan khawatir, karena Wallet tersedia dalam berbagai mata uang, mulai dari dolar Amerika, hingga dolar Australia. 

4. Monefy 

Monefy memiliki tampilan yang menarik dengan simbol-simbol dan warna-warni di dalamnya. Untuk melakukan pencatatan kamu bisa langsung memencet simbol tersebut, misalnya habis makan, kamu bisa tekan simbol pisau dan garpu. 

Di akhir bulan kamu akan mendapatkan analisa dan perhitungan persentase berapa pengeluaran yang kamu habiskan. Persentase ini bisa digunakan sebagai alat untuk menganalisa pengeluaran bulanan kamu, jadi bisa dilihat deh mana pengeluaran terbesar dan mana yang anggarannya bisa dipangkas.

Aplikasi ini bisa didapat secara gratis, namun fiturnya sangat terbatas dan kamu bakal diganggu oleh tampilan iklan dimana-mana. Untuk mendapatkan semua fitur tanpa iklan, kamu bisa langganan berbayar. 

5. Level Money 

Aplikasi pengatur keuangan iOS yang bisa kamu pilih adalah Level Money. Sama dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini juga bisa terhubung langsung dengan rekening bank. Selain itu Level Money juga mampu mengatur jumlah uang keluar dari rekening bank maupun kartu kredit. Jadi bisa sekaligus mengontrol pengeluaran kamu! 

6. Sribuu

Sribuu merupakan aplikasi pencatatan keuangan yang bisa melakukan pencatatan seluruh uang masuk dan keluar. Agar pengeluaran kamu terkontrol, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur spending alert yang siap memberikan peringatan bila pengeluaran telah hampir mencapai batas anggaran. 

Bagi yang mengalami masalah keuangan, melalui Sribuu, kamu juga bisa melakukan konsultasi kepada financial planner yang terpercaya secara gratis. Selain itu ada beberapa fitur di aplikasi Sribuu yang bisa kamu gunakan seperti: 

Sribuu juga bisa diunduh di iOS dan Android. Jangan lupa bagikan kode referral Sribuu kamu ya, karena dengan mengajak temanmu menggunakan Sribuu, kamu dan temanmu akan memperoleh e-book panduan anti bokek Sribuu senilai Rp 150.000.

Konsisten Dalam Melakukan Pencatatan 

Itulah tadi enam aplikasi pengatur keuangan yang bisa diandalkan untuk mengelola keuangan. Namun, perlu diingat, fungsi dari pengatur keuangan adalah untuk mencapai kebebasan finansial kelak. Oleh sebabnya kamu jangan hanya mengandalkan aplikasi tersebut saja, tetapi juga harus konsisten dalam melakukan pencatatan dan bijak dalam mengeluarkan uang. 

Share this awesome post

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel Terkait Khusus Buat Kamu!

Simak artikel terkait dan dapatkan tips Gaya hidup #AntiBoncos