Cara Agar Tidak Boros

Dijamin Bikin Cepat Kaya! Ini 6 Cara Agar Tidak Boros

Apakah kamu salah satu orang yang boros? Baru dapat gajian eh tiba-tiba gaji udah abis aja di tengah bulan. Kalau kamu seperti itu, sepertinya harus buru-buru cari cara agar tidak boros deh!

Kebiasaan boros merupakan kebiasaan menghabiskan uang melebihi kebutuhan dan kemampuan. Misal gaji kamu Rp5 juta, kemudian kamu menghabiskan semuanya untuk biaya hidup tanpa adanya tabungan. 

Padahal kalau diitung-itung ternyata untuk makan dan kehidupan sehari-hari kamu saja ternyata cuma Rp2 juta, terus Rp3 jutanya kemana? 

Kalau kebiasaan boros ini terus dilakukan, kamu jadi kesulitan untuk mempersiapkan ketidakpastian di masa depan. Berikut ini tips dan cara agar tidak boros! 

1. Membuat Daftar Pengeluaran Rutin 

Cara agar tidak boros yang pertama adalah menuliskan daftar pengeluaran rutin bulanan dan harian kamu. Misalnya dalam satu hari kamu mengeluarkan uang untuk transportasi dan makan. 

Pengeluaran bulanan misalnya bayar listrik, tagihan telepon, bayar anak sekolah, bayar internet, dan iuran lainnya. 

Dengan memetakan pengeluaran rutin, kamu jadi mengetahui mana pengeluaran prioritas dalam hidup kamu yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Rencanakan anggaran pengeluaran bulananmu di sini: Aplikasi Sribuu Play Store (Untuk pengguna iOS) dan Aplikasi  Sribuu Google Play Store (Untuk Pengguna Android)

2. Buat Tabungan Berencana 

Kalau kamu orangnya borosnya kebangetan, kadang cara menabung yang paling efektif adalah dengan dipaksa menggunakan tabungan berencana. Tabungan berencana akan menarik uang di rekening kamu setiap awal bulan sesuai jumlah yang telah kamu tentukan.

Jadi misalnya kamu telah membuka tabungan berencana jangka waktu lima tahun dengan setoran bulanan Rp1 juta. Nah nantinya pihak bank akan menarik Rp1 juta setiap bulan langsung dari rekening kamu atau istilahnya autodebet. 

Dengan cara ini, mau kamu seboros apapun, tetap ada pegangannya untuk masa depan kelak. 

3. Tahan Gaya Hidup Konsumtif 

Salah satu penyebab hidup boros adalah gaya hidup konsumtif. Gaya hidup konsumtif itu artinya kamu rela membeli apapun yang kamu inginkan bukan kamu butuhkan. Misalnya ada diskon baju, langsung beli baju, ada diskon sepatu, ikutan beli. Padahal hal itu gak kamu butuh-butuhkan banget. 

Jadi untuk menghindarinya, coba ketahui apa kebutuhan dan apa itu keinginan. Setelah mengetahuinya, prioritaskan segala kebutuhan kamu. Untuk keinginan boleh saja dibeli, tapi jangan keseringan. 

4. Cara Agar Tidak Boros Dengan Hidup Hemat 

Hidup hemat bukanlah perkara yang sulit, asalkan kamu bisa konsisten dan komitmen demi kesehatan finansial kamu. 

Langkah berhemat bisa diterapkan dalam banyak hal, misalnya bagi para pekerja bisa membawa bekal dari rumah yang lebih murah dan sehat daripada beli di luar. Kemudian, membawa botol minum ke manapun agar tidak perlu lagi membeli minum di luar. Dan masih banyak contoh lainnya. 

Meskipun kebiasaan hemat ini terbilang simpel, namun kalau dilakukan secara rutin dan konsisten bakal terasa kok efeknya. 

5. Catat Segala Pengeluaran Untuk Dievaluasi 

Melakukan pencatatan seluruh pengeluaran harian kamu, kelompokkan juga berdasarkan kategorinya, misal untuk nongkrong berapa, untuk makan berapa, untuk transportasi berapa, untuk jajan berapa. 

Di akhir bulan, kamu bisa melakukan evaluasi, kira-kira pengeluaran untuk nongkrong dan jajan bisa dikurangi atau tidak. Sebisa mungkin kamu kurangi di bulan depan dan alokasikan sebagiannya ke tabungan. 

6. Stop Berhutang Secara Berlebihan Untuk Membeli Barang-Barang Konsumtif 

Menggunakan kartu kredit untuk berbelanja sah-sah saja, karena banyak promo yang ditawarkan. Tapi, kamu harus bijak dalam belanja, pastikan kalau barang yang kamu beli itu untuk kebutuhan-kebutuhan pokok bukan kebutuhan konsumtif. 

Penggunaan kartu kredit itu sama saja dengan berhutang. Semakin banyak menggunakannya maka semakin menumpuk pula utang kamu. Itu sebabnya penting untuk bijak dalam penggunaannya dan sebisa mungkin tidak menggunakan kartu kredit untuk membeli barang konsumtif.

Share this awesome post

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel Terkait Khusus Buat Kamu!

Simak artikel terkait dan dapatkan tips Gaya hidup #AntiBoncos