Catat Transaksi Otomatis dan Manual

Catat Transaksi Otomatis dan Manual

Catat Transaksi Manual

Cara Menggunakan Fitur Catat Transaksi

  1. Berada di halaman Homepage Sribuu
  2. Klik tombol floating (+) untuk mempercepat buat transaksi atau klik Catat Transaksi lalu pilih Set Transaksi
  3. Pilih transaksi yang akan diinput antara Pengeluaran, Pemasukan, Tabungan
  4. Masukkan Jumlah Transaksi yang diinginkan
  5. Pilih Kategori yang sesuai
  6. Masukkan Tanggal Transaksi
  7. Masukkan Keterangan untuk informasi transaksi tambahan
  8. Klik Simpan

Bagaimana cara kerja Fitur catat transaksi manual di Sribuu?

Pada fitur Atur Budgeting, kamu dapat melacak transaksi pengeluaran, pendapatan, dan tabungan kamu. Untuk melacak transaksi kamu secara manual, kamu dapat memasukkan info berikut:

  1. Jumlah transaksi
  2. Kategori transaksi
  3. Tanggal transaksi
  4. Keterangan

Setelah mencatat transaksi kamu, kamu dapat melihat hasil transaksi berdasarkan bulan, dan kategorinya sehingga kamu dapat memahami kondisi keuanganmu lebih baik.

Bagaimana cara kerja Fitur catat transaksi manual di Sribuu?

Akun bankmu tidak bisa terhubung dengan Sribuu? Pastikan kamu mempunyai internet banking ya.. 

Caranya mudah sekali kok! Simak cara pendaftarannya disini

Catat Transaksi Otomatis

Bagaimana fitur catat transaksi otomatis bekerja?

Pada fitur integrasi Akun ini, kamu akan mendapatkan fasilitas monitoring, lacak otomatis tanpa ribet untuk pengeluaran dan pemasukan (mutasi transaksi) Akun internet bank kamu (bukan mobile) dan e-wallet yang terconnect dengan Aplikasi Sribuu.

Bagaimana cara mengubungkan akun bank di Sribuu?

  1. Pastikan kamu sudah punya akun internet banking BCA, Mandiri, BNI, dan BNI. Cek pengaturan bank disini
  2. Berada di halaman pengaturan Sribuu
  3. Klik bagian halaman akun bank dan e-wallet
  4. Klik tombol akun bank dan (+Tambah akun)
  5. Simak informasi sebelum menyambungkan akun bank
  6. Pilih akun bank yang ingin kamu pilih
  7. Masukan USER ID dan Password atau PIN internet banking kamu (bukan mobile bank)
  8. Klik login 
  9. Tunggu beberapa saat (kamu juga bisa menutup aplikasi kamu saat proses ini). Akun kamu akan terhubung secara otomatis.

Bagaimana cara menghubungkan akun E-wallet di Sribuu?

  1. Berada di halaman pengaturen Sribuu
  2. Klik bagian halaman akun bank dan e-wallet
  3. Klik tombol akun e-wallet dan (+Tambah akun)
  4. Simak informasi sebelum menyambungkan akun e-wallet
  5. Pilih akun e-wallet
  6. Masukan nomor telepon kamu dan OTP
  7. Klik login 
  8. Tunggu beberapa saat (kamu juga bisa menutup aplikasi kamu saat proses ini). Akun kamu akan terhubung secara otomatis.

Bagaimana cara sinkron data dari bank, e-wallet, atau e-commerce untuk catat otomatis?

Transaksi kamu akan tercatat otomatıs saat kamu membuka aplikasi dan tidak dapat tersinkronisasi jika koneksi internet ke akun kamu terputus.

Dan kadang kala memerlukan waktu untuk memproses mengambil data riwayat transaksinya sekitar ~10 menit. Kamu juga bisa melakukan sinkronisasi dengan mengecek akun kami di bagian “kelola akun bank” yang terdapat di bagian profil secara berkala untuk akun bank dan e-wallet serta e-commerce kamu ya 🙂

Mengapa e-walletku ter log out?

Dari kebijakan e-wallet, hanya memberikan 1 sesi (akses) untuk setiap akun yang artinya tidak diperkenankan login dalam waktu dan sesi login yang sama (Untuk OVO, GoPay). 

Namun, tenang saja untuk riwayat transaksi kamu aman, dan tidak akan berubah sedikit pun dari keaslian riwayat transaksi kamu di aplikasi e-wallet yang dimiliki. Kamu dapat menghubungkan e-wallet secara berkala Teman Sribuu ya 🙂

Bagaimana cara unlink akun bank & e-wallet atau e-commerce saya?

Transaksi kamu akan otomatın tersinkron saat kamu membuka aplikasi dan tidak dapat tersinkronisasi jika koneksi internet ke akun kamu terputus.

Dan kadang kala memerlukan waktu untuk memproses mengambil data riwayat transaksinya sekitar ~10 menit. Kamu juga bisa melakukan sinkronisasi dengan mengecek akun kami di bagian “kelola akun bank” yang terdapat di bagian profil secara berkala untuk akun bank dan e-wallet serta e-commerce kamu ya 🙂

Bagaimana cara mendaftar internet banking?

Akun bankmu tidak bisa terhubung dengan Sribuu? Pastikan kamu mempunyai internet banking ya.. 

Caranya mudah sekali kok! Simak cara pendaftarannya disini

Keamanan Transaksi Otomatis

Kenapa Sribuu membutuhkan data login dan username?

Sribuu membutuhan data login user name dan password kamu agar kami dapat menyediakan layanan lacak transaksi otomatis untuk kami. Kami menggunakan informasi ini untuk menyambungkan aplikasi Sribuu dengan akun bank kamu. Kami tidak pernah menyimpan kredensial login dan password kamu. Data kamu hanya tersimpan di ponsel kamu.

Bagaimana keamanan data bank di Sribuu?

Kami sangat serius dalam keamanan data kamu. Kami menggunakan keamanan setara bank untuk data sensitif dengan enkripsi 256-bit. Selain itu, kami sudah terlisensi dan diawasi oleh KOMINFO. 

Kami juga tidak pernah menyimpan data kredensial kamu.

Mengapa e-walletku ter log out?

Dari kebijakan e-wallet, hanya memberikan 1 sesi (akses) untuk setiap akun yang artinya tidak diperkenankan login dalam waktu dan sesi login yang sama (Untuk OVO, GoPay). 

Namun, tenang saja untuk riwayat transaksi kamu aman, dan tidak akan berubah sedikit pun dari keaslian riwayat transaksi kamu di aplikasi e-wallet yang dimiliki. Kamu dapat menghubungkan e-wallet secara berkala Teman Sribuu ya 🙂

FAQ Seputar Fitur Transaksi Lainnya

Mengapa sisa saldo berbeda dengan sisa uang yang ada di transaksi?

Sisa uang yang ada di transaksi merupakan perhitungan dari,
Sisa uang = Pendapatan – (Pengeluaran+Tabungan)

Dimana, secara default adalah transaksi pada 1 bulan terakhir.

Sedangkan, untuk sisa saldo yang ada di beranda merupakan akumulasi/total dari seluruh sumber keuangan yang dimiliki dengan rumus Sisa Saldo = Pendapatan – Pengeluaran.

Bagaimana cara filter transaksi?

Untuk melakukan filtering pada transaksi kamu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Sribuu
  2. Pilih menu Transaksi dari navigasi di bawah layar
  3. Pilih tab Riwayat Transaksi
  4. Di bagian bawah kolom pencarian, terdapat filter yang bisa dikustomisasi. 
  5. Atur filter sesuai preferensi kamu

Secara default, filter akan memasang 1 bulan terakhir sebagai filter waktu. Selain filter waktu, kamu juga bisa memilih filter berdasarkan kategori (Makan & Minum, Transportasi, dst) dan Sumber Akun (kas, akun manual, dst).