Perencanaan Keuangan dari Sribuu

Perencanaan Keuangan – Pengertian, Tujuan, dan Cara Melakukannya

Penting rasanya untuk memiliki perencanaan keuangan yang matang, tujuannya tentu saja untuk membantu mencapai tujuan finansial. Misalnya ingin membeli rumah, membeli mobil, tanpa perencanaan yang matang, tentu sulit untuk mewujudkannya. 

Agar bisa tercapai, tidak hanya perencanaan saja yang harus disusun, tetapi juga komitmen untuk menjalankannya. Karena di saat kita sedang mencoba untuk meraih tujuan finansial, pasti ada saja godaan yang mengacaukan rencana tersebut. 

Jika kita memiliki rencana maka segala tindak tanduk yang berhubungan dengan keuangan akan dipikirkan sematang mungkin, dan persoalan finansial menjadi lebih terarah.

Apa yang dimaksud dengan perencanaan keuangan? 

Setiap orang pasti memiliki tujuan keuangan dalam hidupnya, entah itu membangun rumah baru, membeli mobil, menyelenggarakan pernikahan impian, dan lain-lain. Nah untuk menggapainya itu, dibutuhkan sebuah perencanaan finansial yang matang.Artinya, perencanaan keuangan adalah sebuah kegiatan, aktivitas, atau strategi pengelolaan keuangan secara terencana untuk mencapai tujuan hidup. 

Dengan merencanakan keuangan, seseorang jadi memiliki arah dalam mengambil keputusan finansialnya. Pasalnya di dalam keuangan, setiap keputusan pasti memiliki dampak ke banyak hal. 

Perencanaan tersebut terbangun dari konsep yang jelas demi mencapai tujuan keuangan dalam waktu tertentu. Contohnya, kamu ingin memiliki mobil baru dalam lima tahun mendatang, oleh karenanya, kamu menyisihkan tabungan sebanyak 30% dari pendapatan, dan berhenti untuk hidup boros. 

Tujuan membuat perencanaan keuangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan dari merencanakan keuangan adalah untuk mencapai tujuan-tujuan finansial yang ingin dicapai di masa yang akan datang. Dengan perencanaan yang matang, keputusan keuangan kamu jadi lebih terarah. Sementara tujuan keuangan sendiri terbagi menjadi dua, ada tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek sendiri meliputi pembayaran cicilan, pembelian barang pribadi, liburan, persiapan pernikahan, dan lain-lain. Sementara tujuan jangka panjang bisa meliputi dana pensiun, tabungan pendidikan anak, hingga modal usaha. 

Tapi selain untuk mencapai tujuan keuangan, melakukan perencanaan juga membantu kamu untuk, memelihara aset, berinvestasi, hingga mendorong kamu untuk menghasilkan pundi-pundi lebih banyak lagi.

Cara melakukan perencanaan keuangan

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari pembuatan perencanaan keuangan, lalu bagaimana cara melakukan perencanaan yang baik dan benar? 

1. Evaluasi Keuangan Kamu Saat Ini 

Sebelum membuat perencanaan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan evaluasi terhadap kondisi keuangan kamu terkini. Kondisi keuangan tersebut bisa berupa jumlah tanggungan kamu, kondisi pekerjaan, usia, hingga kondisi kesehatan kamu. Tujuan dari evaluasi ini untuk memastikan bahwa perencanaan yang kamu buat nantinya tidak menyiksa kamu kelak. Misal gaji kamu hanya Rp5 juta per bulan, tentu tidak mungkin untuk berencana membeli mobil baru dalam waktu satu tahun. 

Dapatkan analisa dan tips keuanganmu disini: Aplikasi Sribuu Play Store (Untuk pengguna iOS) dan Aplikasi  Sribuu Google Play Store (Untuk Pengguna Android)

2. Mulai Membuat Tujuan Finansial

Mulai untuk membuat tujuan finansial, misalnya ingin membeli mobil lima tahun mendatang, atau ingin menikah tahun depan, mengambil KPR dalam dua tahun ke depan. Susun berdasarkan skala prioritas kamu. 

3. Menyusun Perencanaan Keuangan Untuk Mencapai Tujuan Tersebut

Barulah menyusun kegiatan yang ingin dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan finansial tersebut. Misalnya kamu ingin membeli mobil baru dalam lima tahun mendatang dengan harga Rp200 juta. Mulai sekarang kamu akan menyisihkan pendapatan kamu Rp4 juta per bulan hingga kekumpul Rp200 juta. Contoh lain, misalnya kamu ingin naik haji, mulailah untuk membuka tabungan haji dan menyisihkan Rp500 ribu per bulan agar bisa dapat nomor keberangkatan. 

Pastikan kalau perencanaan yang kamu buat masuk akal dan tidak mengorbankan pos pengeluaran penting lainnya. 

4. Mengevaluasi Perencanaan dan Menyesuaikan Dengan Kondisi Keuangan Terkini 

Saat tengah menjalankan perencanaan finansial, tentu tidak akan berjalan dengan mulus, pasti ada saja kebutuhan mendadak yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang lebih, seperti membiayai pendidikan anak yang mulai masuk sekolah. Evaluasi hal tersebut dan kamu bisa melakukan penyesuaian terhadap rencana yang telah kamu buat sebelumnya. 

Jangan lupakan dana darurat

Itulah tadi informasi singkat mengenai perencanaan keuangan. Sebisa mungkin kamu juga harus memasukkan dana darurat sebagai tujuan finansial kamu. Dana darurat idealnya 12 kali pengeluaran bulanan dan lebih baik lagi kalau kamu bisa menyiapkannya dalam nominal yang lebih besar lagi. #tipssribuu #sribuu #aplikasisribuu #aplikasicatatankeuangan

Share this awesome post

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel Terkait Khusus Buat Kamu!

Simak artikel terkait dan dapatkan tips Gaya hidup #AntiBoncos

Sribuu Bagi-Bagi Uang Jajan, nih!

Saatnya kamu jadi geng #AntiBoncos! Kali ini Sribuu bakal bagi – bagi hadiah spesial untuk kamu sampai 3 minggu kedepan! Tiap minggunya Sribuu bakal ngasih