Cara Menabung

Tips Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan

Mengumpulkan uang Rp10 juta dalam tiga bulan ternyata hal yang mudah lho! Asalkan kamu tahu tahapan-tahapan cara menabung 10 juta dalam 3 bulan yang baik dan benar. 

Menabung merupakan kegiatan menyimpan uang untuk mencapai tujuan finansial dan juga mempersiapkan masa depan. Masing-masing orang tentu memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda, ada yang ingin membeli mobil, membeli motor, menikah, dan lain-lain. 

Selain untuk mencapai tujuan finansial, menabung juga diperlukan untuk mempersiapkan masa depan. Pasalnya kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, misal tiba-tiba di-PHK, tiba-tiba mengalami bencana, dan untuk mengatasinya diperlukan banyak uang agar bertahan hidup. 

Berikut ini beberapa tips cara menabung 10 juta dalam 3 bulan yang mudah diterapkan oleh siapapun. 

1. Tahapan Pertama, Menuliskan Target dan Tujuan Finansial

Sebelum mengetahui cara menabung 10 juta dalam 3 bulan, pertama kamu harus ketahui dulu apa sih tujuan finansial yang ingin kamu capai? Tentukan dahulu agar kegiatan menabung jadi lebih semangat. Banyak contoh tujuan finansial yang bisa dicapai dengan Rp10 juta, misalnya merenovasi kamar, membeli ponsel baru, liburan ke Bali, dan lain-lain. 

Catat tujuan finansial kamu di selembar kertas, lalu tuliskan jangka waktunya, dalam kasus ini berarti mengumpulkan uang Rp10 juta dalam waktu tiga bulan. Anda juga bisa menggunakan fitur Tujuan Keuangan dari Sribuu yang bisa Anda lihat secara lebih jelas disini.

2. Mulailah Menentukan Frekuensi Menabung dan Nominalnya 

Untuk mencapai Rp10 juta dalam tiga bulan, paling tidak kamu harus menabung setiap bulannya minimal Rp3,4 juta, maka dalam tiga bulan terkumpul Rp10,2 juta. 

Agar lebih ringan, mulai tentukan frekuensi menabung dan nominalnya. Frekuensi dan nominal harus disesuaikan dengan kemampuan kamu ya, bisa harian, bisa mingguan, bisa bulanan. 

Untuk frekuensi harian, berarti kamu harus menabung Rp112.000, frekuensi mingguan, berarti Rp834.000 rupiah. Sebulan berarti Rp3.340.000. Inilah pilihan frekuensi dan nominal lainnya: 

  • Frekuensi satu bulan sekali: Rp3.340.000.
  • Frekuensi seminggu satu kali: Rp834.000.
  • Frekuensi setiap hari: Rp112.000
  • Frekuensi seminggu dua kali: Rp417.000.
  • Frekuensi seminggu tiga kali: Rp278.000.
  • Frekuensi seminggu empat kali: Rp208.500.

3. Hidup Hemat 

Agar menabung Rp 10 juta selama tiga bulan bisa terealisasikan, kamu juga perlu menekan budaya konsumtif alias hidup hemat. Kebiasaan-kebiasaan boros yang biasa dilakukan misalnya seperti nongkrong di kafe setiap hari, membeli baju baru setiap bulan, coba dikurangi. 

Jika biasanya kamu makan siang di luar, mulailah menggantinya dengan membawa bekal dari rumah. Membawa bekal selain lebih murah tentu juga lebih terjamin kebersihannya. Kan lumayan tuh misalnya sehari biasa makan Rp50 ribu, uang makannya jadi bisa dialokasikan ke tabungan. 

Intinya, fokuskan keuangan kamu untuk hal-hal yang dibutuhkan dan tabungan. Hal-hal yang dibutuhkan itu bisa berupa makanan, minuman, biaya sewa, melunasi hutang, membayar tagihan-tagihan bulanan, dan kebutuhan penting lainnya. 

Sesuaikan Dengan Kemampuan 

Itulah tiga tips cara menabung 10 juta dalam 3 bulan. Mungkin tips di atas tidak bisa diterapkan oleh semua orang, karena pendapatan orang berbeda-beda, tidak mungkin mereka yang bergaji Rp 4 juta per bulan, harus mengumpulkan uang Rp10 juta dalam tiga bulan. 

Jadi alangkah baiknya untuk menentukan target nominal tabungan yang telah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Misalnya gaji Rp4 juta per bulan, mungkin bisa menargetkan tabungan Rp5 juta dalam tiga bulan atau Rp6 juta per tiga bulan saja sudah sangat bagus. Jangan lupa ya gunakan aplikasi catatan keuangan Sribuu yang terjamin keamanannya karena telah terdaftar di KOMINFO.

Share this awesome post

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel Terkait Khusus Buat Kamu!

Simak artikel terkait dan dapatkan tips Gaya hidup #AntiBoncos